Rabu, 27 April 2016

TAHUKAH ANDA APA ITU CCTV


Pada era modern seperti sekarang ini banyak sekali perkembangan teknologi – teknologi yang sangat canggih, salah satunya adalah cctv. CCTV sendiri singkatan dari Closed Circuit Television. Yang berarti sinyal yang di gunakan bersifat tertutup.  CCTV memiliki 2 komponen utama yaitu  Kamera dan DVR ( Digital Video Recorder).

1. Kamera
Kamera berfungsi untuk mengambil semua aktivitas dari semua objek yang terjangkau oleh sebuah kamera. Kamera sendiri memilik beberapa tipe yaitu Analog, Analog HD dan IP Kamera. Kamera analog menggunakan satu solid cable pada setiap kameranya yang artinya setiap kamera analog harus terhubung langsung ke DVR menggunakan kabel coaxial. Serta kualitas gambar yang di hasilkan kurang bagus serta resolusinya 600 TVL, 800TVL, 850 TVL dll. Kamera Analog HD sama dengan kamera analog, namun yang membedakan pada kwalitas gambar yang di hasilkan jauh lebih baik dari pada analog, karena resolusi yang di hasilkan sudah tinggi  misalnya 720 P yang setara dengan 1 Megapixel, 960 P setara dengan 1.3 Megapixel, 1080 P yang setara dengan 2 Megapixel. Kemudian IP Camera adalah kamera cctv yang beresolusi tinggi yang menggunakan jaringan internet sehingga lebih hemat dari segi installasi, karena tidak memerlukan kabel khusus untuk setiap kameranya.

Kamera CCTV Analog

Kamera CCTV Analog HD



CCTV IP Kamera

 
2. DVR ( Digital Video Recorder)
DVR adalah alat yang digunakan untuk merekam aktivitas sebuah objek yang tertangkap oleh kamera cctv. Dimana kualitas yang di hasilkan dari sebuah rekaman tergantung pada jenis dan tipe dari DVR ini. DVR di lengkapi dengan Hardisk yang berfungsi untuk menyimpan semua record. Chanel yang dimiliki oleh DVR ini ada beberapa macam antara lain 4 Chanel, 8 Chanel, 16 Chanel. DVR jga memilik banyak fitur yang antara lain digunakan untuk pelengkap keamanan, salah satunya adalah merekam semua kejadian dan hasil rekaman ini yang biasa digunakan di dalam peradilan untuk membuktikan suatu kejadian dalam sebuah sistem kamera.

DVR 16 Chanel

DVR 08 Chanel

DVR 04 Chanel

Sekian dulu ya penjelasan tentang seputar CCTV dan komponen - komponennya. Baca juga artikel Home Automation atau smart home, Solusi Keamanan Rumah Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar