Senin, 25 April 2016

Integrated Home Automation & Security System

Home Automation atau sering disebut dengan Smart Home adalah hunian yang di lengkapi dengan jaringan komunikasi yang di integrasikan  untuk mengontrol peralatan elektronik yang ada dirumah dari jarak jauh dan secara otomatis. Misalnya Lampu, TV, Home Theater, CCTV, Alarm, Kipas Angin, Door Lock, Monitor Sensor, Smoke Sensor dan masih banyak yang lainnya.
Tujuan dari sistem Home Automation adalah untuk memberikan kemudahan, efisiensi energi, keamanan, dan kenyamanan. Di era teknologi saat ini konsep Home Automation sangat berkembang pesat dan didukung dengan banyaknya perusahaaan bergerak di bidang ini.
Contoh Home Automation & Security System 
Ada beberapa contoh yang bisa dilakukan dengan Home Automation antara lain :
1. Lampu, AC, Kipas Angin, TV, Radio, Speaker, bisa dinyalakan melalui satu remote control, komputer, Tablet PC, Smartphone, bahkan saat anda tidak berada dirumah (via Internet).
2. Bisa membuka/menutup tirai, mengunci pintu, menyalakan AC/Lampu,  secara otomatis. 
3. Bisa memutar film melalui iPad anda lalu secara otomatis TV menyala langsung memutar film.
4. Jika rumah dilengkapi sensor & detector, ketika terjadi kebakaran, kebocoran gas, banjir, atau hal lain secara otomatis alarm berbunyi dan sistem akan memberitahu anda melalu sms/email (Hal ini sangat penting apalagi jika anda tidak sedang dirumah).
5. Membuat skenario dan timer sesuai keinginan anda, misalkan pukul 6 sore lampu depan dan ruang keluarga menyala kemudian paginya mati secara otomatis. 
6. Memantau dan mengontrol seisi rumah anda melalui smartphone anda, misal anda lupa apakah sudah mengunci pintu atau apakah sudah mematikan lampu/AC.
7. Dan masih banyak lagi.

Berikut contoh elemen Home Automation atau Smart Home System :
Beberapa Elemen Home Automation & Security System 



Semoga bermanfaattt........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar