Sabtu, 23 April 2016

Macam - Macam Sosial Media Yang Efektif Digunakan Dalam Digital Marketing

Di era teknologi pada saat ini pemasaran produk atau brand tidak hanya dilakukan secara offline atau manual saja, melainkan juga dilakukan secara online atau digital. Akan tetapi, masih banyak perusahaan – perusahaan atau industri rumahan dan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang belum berani mencoba untuk memasarkan produknya melalui digital marketing. Padahal digital marketing sangat banyak kelebihannya yang salah satunya adalah pemasaran yang sangat luas dan tidak terbatas ruang dan waktu. 

Saat ini digital marketing menjadi tren di dunia bisnis. Karena banyak yang beranggapan bahwa dunia digital akan terus berkembang seiring perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. Itu sebabnya digital marketing sangat membantu setiap kegiatan masyarakat, terutama dalam proses pemasaran bisnis mereka. Dan bagi setiap pelaku digital marketing tentu saja berbeda – beda. Mulai dari apa yang mereka kerjakan, mereka amati dan dari jenis sosial media yang menjadi favorit mereka. Oleh sebab itu, Kami ingin membagikan informasi tentang macam – macam sosial media yang sedang menjadi trend yang digunakan untuk digital marketing.

1. Twitter
Twitter termasuk sosmed dalam kategori megaphone, karena twitter dapat melakukan broadcast informasi mengenai produk yang dijual kepada followers serta dapat di integrasikan dengan sosmed yang lainnya seperti Facebook, Tumblr, Blog serta Instagram. Jadi tidak perlu repot – repot untuk login ke facebook dan twitter, tinggal masuk ke facebook atau twitter kemudian buat informasi produk dan gambar yang ingin dijual maka secara otomatis akan masuk ke twitter dan facebook. Di twitter juga ada yang namanya hashtag. Hashtag di sini di gunakan untuk mengelompokkan sebuah kategori atau topic tertentu, sehingga seseorang lebih mudah dalam melakukan pencarian.

2. Instagram
Instagram adalah sosmed yang berisikan informasi – informasi yang hanya berupa gambar dan video singkat. Jadi, gambar atau video yang di upload harus semenarik dan kreatif mungkin karena gambar atau video itu akan berperan besar dalam mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli atau menggunakan jasa kita. Di instgram kita juga bisa menggunakan hashtag. Hashtag digunakan untuk memperjelas maksud dari apa yang kita upload dan mempermudah dalam pencarian. Selain itu instagram juga bisa di gunakan untuk endorsmen yaitu mempromosikan sebuah produk yang di lakukan oleh seorang endorser agar produk yang di endors lebih dikenal dan populer. Instagram juga dapat di integrasikan dengan Facebook. 

3. Facebook
Facebook sudah sangat tren dalam dunia digital marketing karena facebook dapat terintegrasi dengan instagram, twitter, blog, google+ dll. Di Facebook kita juga bisa membuat fanspage mengenai usaha kita. Jadi seseorang bisa mendapat informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang kita jual. Facebook juga lebih powerfull karena kita bisa mendapat data statistik pengunjung, data statistik promosi pemasaran, data statistik konten yang dishare dan masih banyak yang lainnya. Fitur Facebook selain fanspage juga menawarkan facebook ads. Facebook ads adalah media promosi online yang dapat meningkatkan strategi penjualan. Karena adanya target/ sasaran yang spesifik dalam pemasaran produk atau jasa. Misalnya seperti lokasi, gender dan umur yang ada di dalam fitur demografis. Selain itu melalui konten yang bermanfaat diberikan secara berkala tanpa harus melakukan promosi dengan bertubi-tubi, ditengarai akan mampu membentuk image tersendiri. Bahkan, hanya dengan mengunggah gambar produk atau brand dan dilengkapi dengan spesifikasi yang jelas, akan memberikan nilai lebih dari brand atau produk tersebut.

4. LinkedIn
Bagi sebagaian orang LinkedIn sangatlah penting dalam digital marketing, karena pengguna LinkedIn kebanyakan adalah orang – orang yang berusia 38 - 50 tahun dan kalangan profesional. Jadi, untuk sebuah usaha atau jasa yang mentargetkan orang menengah atas LinkedIn sangatlah cocok untuk digunakan sebagai salah satu media promosi. LinkedIn juga memiliki fitur serupa dengan Facebook yang dikenal dengan Fanpage, yang berfungsi untuk lebih terfokus pada branding suatu bisnis atau perusahaan misalnya menginformasikan seputar kegiatan perusahaan seperti proses produksi, kegiatan manajemen, CSR, lowongan kerja dll.


Demikianlah ringkasan singkat mengenai beberapa sosial media yang efektif dan terpopuler saat ini di dalam digital marketing. Semoga bermanfaat.........!

Baca Juga Apa Itu Digital Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar