Jumat, 22 April 2016

Mengenal Apa Itu Digital Marketing


Digital Marketing adalah sebuah usaha untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau brand melalui media digital seperti market place, sosial media, dan media digital lainnya. Digital Marketing yang sangat populer di dunia saat ini adalah pemasaran online lewat website dan social media karena, teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi dan memberikan keleluasaan waktu bagi target audience untuk membaca promosi atau informasi – informasi mengenai produk – produk atau brand yang kita jual.

Komponen utama dari digital marketing adalah Internet Marketing,  Web, SEM (Search Engine Marketing  termasuk SEO dan iklan pay per klik), smartphone, mobile marketer (yaitu Google Play, Apple Store), pemasaran email (email marketing), iklan banner online dan Media Sosial. Saluran digital  yang Non-Internet  Televisi, Radio, SMS, billboard digital (indoor dan outdoor). 
                                                                                           
Ada 2 strategi pada digital marketing yang berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong. Tarik maksudnya adalah digital marketing yang melibatkan konsumen untuk mencari, melihat dan mengambil informasi – informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari seperti google, yahoo, amazon, bing dll. Dimana konsumen yang lebih berperan aktif dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Sedangkan Dorong maksudnya digital marketing yang memberikan informasi – informasi kepada konsumen melalui iklan secara aktif dan terus menerus. Informasi ini bisa dari SMS, E – Mail, MMS dll. Langkah – langlah Digital Marketing atau yang sering disingkat dengan AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action atau yang bisa diartikan dengan Kesadaran, Ketertarikan, Keinginan dan Tindakan). 

Kelebihan dari digital marketing secara umum adalah adanya tools yang dapat mengefektifkan kinerja pemasaran, dengan website dan sosial media maka kita bisa menjangkau pemasaran ke seluruh belahan dunia dengan mudah, data dan statistik promosi, pemasaran, pengunjung web atau blog sangat jelas. Sedangkan kelemahan dari digital marketing sendiri adalah ketergantungan dengan jaringan internet, seringnya terjadi kejahatan cyber, pelanggaran hak cipta, masalah pengiriman barang yang tidak sesuai jadawal, pemahaman tentang teknologi informasi yang kurang yang membuat kepercayaan orang untuk membeli barang secara online sangat kurang dan sistem pembayaran yang terkadang untuk sebagian orang masih takut jika bertransaksi.

Jadi Digital marketing mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Digital marketing juga turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, tidak terbatas oleh ruang dan waktu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar